Nama : Ervina Pratika
Kelas : 2db17
Npm
: 32111490
Matkul : Sistem informasi 1
PENDEKATAN SISTEM
a. Pendahuluan
Model Dasar Sistem : masukan, pengolahan dan keluaran
adalah cocok bagi kasus sistem informasi yang paling sederhana. Oleh karena itu
pengetahuan sistem dan pendekatan sistem dasar untuk mempelajari sistem
informasi kesehatan adalah mutlak perlu.
Ada
beberapa pengertian tentang sistem antara lain :
1.
Sistem ialah satu kesatuan yang utuh diperkirakan berhubungan, serta satu sama
lain saling mempengaruhi, yang ketemunya dengan sadar dipersiapkan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Azrul Azwar)
2.
Suatu sistem adalah merupakan suatu penggabungan, penyatuan dari dua atau lebih
bagian-bagian, komponen-komponen atau subsistem-subsistem yang interdependen
dan ditandai oleh batas-batas yang jelas dari lingkungan suprasistemnya.
(Fremont)
3.
Suatu sistem adalah suatu tatanan yang terdiri dari beberapa bagi an
(subsistem)
yang berkaitan dan tergantung satu sama lain dalam upayamencapai tujuan
bersama. (Loomba)
b.
Pembahasan\isi
v PENDEKATAN SISTEM
Manajer terlibat dalam pemecahan masalah untuk pengambilan keputusan yang efektif dan efisien. Sistem Konseptual adalah suatu sistem pemecahan masalah yang terdiri dari manajer, informasi dan standar. 2 elemen lain masuk dalam proses perubahan masalah menjadi solusi (solusi alternatif dan kendala).
v FAKTOR MANUSIA YANG MEMPENGARUHI
PEMECAHAN MASALAH
3 Kategori manajer dalam merasakan masalah :
1. Penghindar masalah (Problem Avoider), manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi.
2. Mengumpulkan Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)) :
a. Gaya teratur, mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
b. Gaya menerima, manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya/orang lain dalam organisasi.
3.Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah
( Problem solver) :
a. Gaya sistematik, manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan. Co. : pendekatan sistem.
Gaya intuitif, manajer tidak menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.
3 Kategori manajer dalam merasakan masalah :
1. Penghindar masalah (Problem Avoider), manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi.
2. Mengumpulkan Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)) :
a. Gaya teratur, mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
b. Gaya menerima, manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya/orang lain dalam organisasi.
3.Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah
( Problem solver) :
a. Gaya sistematik, manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan. Co. : pendekatan sistem.
Gaya intuitif, manajer tidak menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.
v Unsur-unsur atau komponen dasar sistem
adalah :
1. Input ialah kumpulan elemen/bagian yang terdapat dalam
sistem dan yang
diperlukan untuk dapat berfungsinya sistem tersebut.
2. Proses ialah kumpulan elemen/bagian yang berfungsi
mengubah masalah
menjadi keluaran yang direncanakan.
3. Output ialah kumpulan elemen/bagian yang
dihasilkan dari berlangsungnya
proses dalam sistem.
4. Feed back (balikan) ialah kumpulan
elemen/bagian yang merupakan keluaran
dari sistem dan sekaligus sebagai
masukan bagi sistem tersebut
Untuk input
diperlukan Recources dan output dapat diperluas menjadi
impact.
Di luar komponen daerah terdapat
lingkungan (ekonomi, sosial, budaya)
yang
mempengaruhi sistem tetapi tidak dapat dipengaruhi oleh situasi itu sendiri,
dan
para pelaksana sistem harus menyesuaikan diri dengan lingkungan apabila
ingin
berhasil dengan baik.
Ciri-ciri suatu
sistem :
1. Mempunyai tujuan.
2. Mempunyai
struktur.
3. Terdapat mekanisme
input-proses-output yang kadang-kadang disertai feed back.
4. Merupakan satu
kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang salingbergantung satu sama
lain.
5. Mempunyai batasan
dengan lingkungan.
6. Mempunyai supra
sistem.
7. Ada Hierarki
8. Ada sistem yang
lain yaitu subsistem.
Kita
mengenal beberapa macam sistem yaitu :
a.
Sistem yang statis dan tertutup contohnya arloji.
b.
Sistem yang dinamis dan tertutup contohnya .
c.
Sistem yang statis dan terbuka contohnya stabilisator.
d.
Sistem yang dinamis dan terbuka contohnya Organisasi.
e.
Sistem yang dinamis dan terbuka dalam lingkungan yang berubah.
Kesimpulan
Untuk memahami pendekatan sistem, kita harus memahami
sistem yaitu
suatu kesatuan yang utuh yang terdiri dari bagian-bagian
yang saling bergantung
satu sama lain dan saling mempengaruhi yang secara sadar
dipersiapkan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam menghadapi
masalah yang kompleks, kita gunakan pendekatan sistem yaitu upaya untuk
memecahkan masalah secara menyeluruh dengan analisa sistem. Pada sistem ada
unsur-unsur dasar sistem yaitu: input,prosess, output dan fedd back
SUMBER:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar